YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Senin, 25 September 2017  - 2 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 


01.06.2009 13:29:36 2053x dibaca.
ARTIKEL
ILMU IKU KELAKONE KANTHI LAKU

Oleh :DRS. Paulus Samsuhari
Guru SMA PL Sedayu

Suatu hari saya membaca stiker yang ditempel di slebor motor siswa berbunyi “Muda foya – foya, tua kaya raya, mati masuk sorga”. Kali lain ketika saya mengadakan kunjungan ke rumah siswa, di dinding atas rak buku ada tulisan yang ditulis dengan huruf besar berbunyi: “Ilmu iku Kelakone Kanthi Laku”.                       


Semula saya tidak pernah mempedulikan kedua motto tersebut. Bagi saya itu tulisan biasa yang tidak mengandung arti apa – apa. Tetapi saat ini saya merasa begitu tertarik dengan kedua motto tersebut.                                   


Entah kapan kedua motto itu muncul, yang saya ingat motto pertama kira – kira saya dengar sekitar tahun 2000-an. Sedang motto yang kedua telah saya dengar ketika saya duduk di bangku Sekolah Dasar, sekitar tahun 1960-an. Masih jelas dalam ingatan, Pak Guru berpesan kepada saya para muridnya, untuk belajar giat dan tekun. Kata beliau “Ilmu iku kelakone kanthi laku”.                                      


Motto di atas menurut saya mempunyai arti yang kontradiktif. Motto yang pertama menunjuk adanya harapan yang cukup besar akan suatu gambaran hidup yang enak. Gambaran hidup yang menyenangkan. Tentu kita pun setuju dengan motto itu dan tak seorangpun menolaknya. Tetapi semudah itukah orang bisa mencapai dan mengalaminya? Sedangkan motto yang kedua memberi suatu peringatan, jika seseorang ingin berilmu seseorang perlu mengusahakannya.                            


Berkaca dari kedua motto tersebut muncul suatu pertanyaan  : sebenarnya gejolak apa yang terjadi pada pola pikir masyarakat sekarang? 

Suatu perubahan telah terjadi dalam diri masyarakat saat ini. Pola pikir yang menunjuk pada semangat hedonistik. Orang menggambarkan hidup itu enak, tidak membutuhkan suatu perjuangan. Masa muda bukanlah masa untuk berjuang. Bukan masa untuk mempersiapkan suatu masa depan. Melainkan masa yang cukup diisi dengan bersenang – senang. Ketika muda berfoya – foya! Manakala masa tua datang sungguh luar biasa, kaya raya. Tak ada hal yang menyulitkan, ternyata dapat memiliki kekayaan yang banyak. Tak perluorang bekerja keras, toh harta melimpah telah dimiliki. Kemudian ketika ajal tiba pasti masuk sorga. Orang tidak berpikir ada api pencucian, dan sakratoul maut. Pasti dapat menikmati enaknya nirwana.                                


Pengalaman kecil dalam pembelajaran diantara siswa kita ketika mereka mengikuti ulangan atau tes. Apa yang terjadi, betapa terkejutnya, siswa dengan enaknya mencontek. Tertawa terbahak – bahk ketika mendapat pengumuman nilainya empat. Tak terbesit sedikitpun wajah sedih dan menyesal. Siswa tampak biasa – biasa saja tanpa beban.        


Berbeda sekali dengan nasihat guru kepada murid – muridnya. Anak – anakku “ Ilmu iku kelakone, kanthi laku” Nasihat bijak yang mengisyaratkan kepada anak didik dan mungkin juga untuk kita semua bahwa orang perlu berjuang agar dapat memiliki ilmu bahkan kalau perlu dengan memeras keringat tak putus –putusnya. Orang diingatkan bahwa untuk mencapai semua itu perlu suatu proses yang cukup panjang. Orang mesti melangkah selangkah demi selangkah. Bagai seorang yang belajar naik sepeda harus melalui jatuh – bangun , tidak sekali langsung bisa. Adanya suatu perjuangan yang berat.


Jadi orang baru bisa memiliki pengetahuan apabila orang terus – menerus mengusahakan, baik itu melalui suatu pendidikan maupun dengan membaca banyak buku. Carilah ilmu sampai ujung bumi!    Suatu hal yang mesti kita renungkan!Apakah hidup kita merupakan suatu perjuangan atau sekedar harapan maya yang penuh kesenangan. Kita harus memilih hidup untuk berbuat konkret atau sekedar bayang – bayang. Kita harus menyadari hidu bukan instan tetapi suatu proses. Jangan – jangan hedonisme telah merasuki kita atau mungkin anka didik kita. Semua kembali pada Anda!!!
                        





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 54.144.21.195 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2017  http://www.pangudiluhur.org/