YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Senin, 25 September 2017  - 2 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 


06.05.2011 01:21:21 4166x dibaca.
ARTIKEL
KABAR BERITA DAN INFORMASI CU PL KASIH

Salam Credit Union

Para anggota CU PL Kasih yang terkasih, selamat berjumpa lagi dalam “Koran selembar” dua bulanan kita. Semoga semua dalam keadaan sehat, bahagia, dan sejahtera. Bagi yang sedang mengalami sakit, ketidaknyamanan hidup, kami berdoa semoga lekas sembuh dan permasalahan yang dihadapi segera dapat diselesaikan dengan baik.

Kita bersyukur bahwa CU PL Kasih telah dapat membantu para anggota untuk rajin menabung dan sebagian anggota untuk mencairkan pinjaman dengan rupa-rupa alasan : ada yang untuk wirausaha, ada yang untuk renovasi rumah, ada yang untuk studi anak, ada yang untuk studi pribadi, ada yang untuk membeli sepeda motor, ada yang untuk tambahan membeli mobil dan lain sebagainya. Pinjaman mulai dari dua juta rupiah sampai pada pinjaman maksimal yaitu dua puluh lima juta rupiah. Semoga mereka semua terbantu dan dapat mengangsur dengan lancar.

Kita juga bersyukur karena sejak tanggal 1 april 2011, kita mendapatkan seorang manajer baru. Pak Agung namanya, telah berpengalaman lama sebagai auditor disebuah Akuntan Publik ternama di Semarang dan beberapa tahun terakhir sebagai direktur atau manajer disalah satu BPR ( Bank Perkreditan Rakyat ) yang berkembang sehat di Cepu. Bapak Agung ini orang yang sangat tidak asing lagi bagi Pangudi Luhur karena cukup lama menjadi tenaga audit untuk Yayasan Pangudi Luhur Pusat, selain itu anaknya juga menjadi siswa di SMP PL Domenico Savio. Semoga dengan memiliki manajer baru pekerjaan manajemen dapat semakin tertata, kuat dan dinamis. Target-target penambahan anggota, aset, kredit, investasi, kerjasama dengan CU lain, dan Bank dapat tercapai.

Para anggota yang terkasih, pada tanggal 6-8 Mei nanti kita juga diundang untuk mengikuti RAT BKCU Kalimantan di Jakarta. Pembukaan akan dimulai dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin langsung oleh Mgr. I. Suharyo PR. RAT ini yang pertama kali akan kita ikuti, dan pada salah satu acara, secara resmi CU PL Kasih akan diterima sebagai anggota BKCU Kalimantan. RAT akan diselenggarakan di Sheraton Media Hotel & Tower, Jakarta Pusat. Dari CU PL Kasih yang akan datang adalah Ketua Pengurus dan Manajer.

Para anggota yang terkasih, Ketua Pengurus juga sudah mengadakan sosialisasi kepada para pensiunan YPL yang berusia sampai 65 tahun. Banyak diantara mereka  yang antusias untuk menjadi anggota, bahkan juga anggota keluarga mereka. Kami tentu saja senang atas dukungan mereka, bahkan dari salah satu pensiunan mengatakan bahwa hitung-hitungan yang ada di CU sehat dan normal. Semoga keanggotaan mereka memberi semangat yang lain untuk menjadi anggota.

Produk TUMBUH juga akan segera kami sosialisasikan terutama untuk cabang Semarang, karena salah satu sasarannya adalah para murid. Kami ingin menggiatkan anak-anak untuk menabung di CU PL Kasih. Semoga membantu juga dalam bidang pendidikan.

 

Sekian,

Salam dari semua pengurus.

Marselus Sunardi

Guru yang sukses mengembangkan CU (Ketua Umum Credit Union Lantang Tipo)

 

Marselus Sunardi dilahirkan dikampung Pejugan, Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat dari pasangan MB. Judah dan Dominika Serian. Putra sulung dari 6 bersaudara ini, sejak kecil sudah menunjukkan bakat kepemimpinannya. Kerapkali ia memimpin teman-temannya dalam berbagai kegiatan, baik di kampung dan disekolah.

Sunardi merasa bahwa jalan hidup yang ditentukan Tuhan adalah aktif dikoperasi dan “terlanjur” jatuh cinta kepada gerakan koperasi. Bila koperasi dikelola dengan baik dan benar, maka kesejahteraan para anggotanya sungguh menjadi nyata. Tiap individu yang disadarkan tentang tanggung jawabnya terhadap masa depan, baik pribadi maupun bersama-sama pasti berani keluar dari kebiasaan tidak produktif menjadi produktif.

Tahun 1993, beliau mulai mengenal Credit  Union Lantang Tipo bersamaan dengan tugasnya sebagai guru muda di sekolah Katholik di kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau. Keprihatinannya pada masyarakat Dayak dalam keadaan social, ekonomi dan pendidikan generasi muda. Secara potensi, mereka memiliki sumber penghasilan, tetapi tidak memiliki tabungan sebagai cadangan masa depan yang baik. Seluruh penghasilan habis karena terpengaruh kehidupan konsumeristik. Masyarakat Dayak tidak mampu menentukan prioritas pengeluaran, mempunyai banyak anak yang tidak bersekolah/ berpendidikan dan lain-lain.

Credit Union telah membuktikan bahwa dengan kebersamaan kita akan lebih kuat dan berdaya. Masyarakat kecil dan menengah yang semula merasa tidak berdaya, kini telah melihat dan merasakan manfaat nyata Credit Union. Penerapan filosofi petani kedalam pola pengembangan keuangan keluarga. Dalam kehidupan dan kesederhanaan petani, dapat kita petik tiga kegiatan utama dari pekerjaan rutinitas, dan karya mereka setiap hari, yaitu makan minum, menanam dan menghadiri kegiatan ritual dilingkungan tempat tinggalnya.

Tiga kegiatan utama tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Kegiatan makan minum memberi makna bahwa petani harus menyisihkan hasil untuk memenuhi kebutuhan setiap hari. Filosofi ini menginspirasi bahwa credit union menyediakan berupa produk simpanan harian untuk kebutuhan anggota.
  2. Kegiatan menanam memberi makna bahwa petani memikirkan kelangsungan kehidupannya diomasa yang akan datang. Petani selalu menyisihkan hasil panennya yang terbaik untuk dijadikan benih guna ditanam kembali. Filosofi ini menginspirasi bahwa credit union membuat instrument financial berupa produk simpanan unggulan yang dapat dimanfaatkan oleh anggota untuk memobilisasikan uangnya dalam jangka waktu yang tidak terhingga. Menabung bagaikan membuat benih dan menanamnya, sehingga menabung harus diprioritaskan. Tidak boleh menabung dari sisa, melainkan sungguh dimulai dari penghasilan yang utuh yang belum digunakan. Jika penghasilan = I, Tabungan = S, dan pengeluaran = C, maka formulasi itu ditulis     C = I –S., bukan S = I – C. sebab jika menggunakan formulasi S = I – C, tabungan belum pasti tersedia karena umumnya sulit mendapatkan sisa dari penghasilan. Bukan jumlah penghasilan yang menentukan banyak sedikitnya nilai tabungan, tetapi keputusan untuk menabung secara teraturlah yang menentukan besar-kecilnya tabungan kita di masa yang akan datang.
  3. Kegiatan dan keterlibatan kehidupan petani dalam acara “  manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Filosofi ini menginspirasikan bahwa Credit Union membuat instrument financial berupa produk-produk social bagi para anggota.

Sunardi menyitir ungkapan terkenal John F. Kennedy, “change is the law of life. And those who look only the past or present are certain to miss the future”. Artinya : “perubahan adalah hukum kehidupan dan oleh karena itu, siapa yang hanya melihat masa lalu dan hari ini, pastilah akan kehilangan masa depanya”. Oleh karena itu kalau masih banyak warga bangsa ini yang berpikir bahwa perubahan dapat dilakukan oleh para pemimp[in muda, itulah awal kemunduran. “ untuk mengusung perubahan ini marilah kita bergandeng tangan bersatu padu, tua-muda, kaya miskin, apapun suku bangsanya berkolaborasi, memberikan partisipasi yang terbaik demi kemajuan bersama,” ungkapnya.

Mengapa Harus Credit Union?

  • Credit Union (CU): Tempat orang yang saling percaya berhimpun.
  • CU: Memberdayakan/membangun manusia (modal sosial) agar tidak bergantung orang lain, bukan uang (uang sebagai alat).
  • CU: Bukan koperasi simpan-pinjam, tetapi kumpulan orang yang saling percaya, bekerja sama penuh tanggung jawab.
  • CU: Memperkuat keswadayaan sosial, budaya, ekonomi yang meningkatkan daya tawar terhadap negara, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap negara (menciptakan sumber-sumber pembiayaan bersama (co-financing) yang memungkinkan kaum miskin menjadi investor (lokal), melalui pemanfaatan pinjaman untuk modal).
  • CU: Membangun gerakan ekonomi moral yang berbasis pada ekonomi kerakyatan (ada nilai solidaritas dalam menuju ke kesejahteraan sejati: “Kesejahteraan yang bukan hanya terletak pada memiliki lebih banyak kekayaan, tetapi bahwa kita mulai mengalami kemajuan secara mental, spiritual, dan intelektual, demikian pula secara sosial dan finansial”, dengan saling melayani), bukan kapitalisme yg mencari untung semata.
  • CU: Mendorong ekonomi rumah tangga yang kokoh (melalui pembianaan pengelolaan keuangan keluarga yang bijaksana).
  • CU: Menciptakan pensiun mandiri dan jaminan sosial keluarga miskin (solduka, program perlindungan, dan lain-lain).
  • CU: Membuka lapangan pekerjaan.
  • CU: Mampu memproteksi aset-aset kehidupan anggota dari eksploitasi pasar.
  • CU: Mengembalikan budaya leluhur: Menanam dan berpikir jauh ke depan dengan menaati hukum tabur tuai.
  • CU: Sebagai tempat menolong diri sendiri, dengan membangun kekuatan ekonomi di atas dua kaki; Melalui CU, uang tetap dapat digunakan menurut keperluan kita tanpa kehilangan uangnya, bahkan bertambah, sehingga uang berkembang di 2 cabang:
    (1) melalui Credit Union itu sendiri, dan (2). melalui aspek usaha sendiri/individu dengan konsep saling menguntungkan (untung-untung bukan untung rugi).

INFO UMUM CU PL Kasih

 

  • Ø Aset CU PL Kasih

CU PL Kasih yang beroperasi dari bulan Juli 2010 sampai pada akhir Desember 2010 telah mempunyai Aset sebesar Rp 5.594.197.137,-. Pada akhir Maret 2011 telah mempunyai Aset sebesar Rp 8.379.187.493,-. Hal tersebut menunjukkan bahwa anggota CU PL Kasih sangat mendukung dan berperan aktif dalam mengembangkan CU.

Motto Swadaya dari 3 pilar Credit Union yaitu Credit Union adalah Dari, Oleh, dan Untuk Anggota terasa sangat dimiliki. Karena rasa memiliki itulah  maka para anggota menjadi aktif dalam mengembangkan dan memajukan CU PL Kasih.

 

  • Ø Jumlah Anggota CU PL Kasih

Anggota CU PL Kasih per 31 Maret 2011 adalah 1.557 anggota yang terdiri dari para guru, karyawan, Bruder dan Para Pensiunan Yayasan Pangudi Luhur yang tersebar di berbagai daerah baik di Pulau Jawa, Sumatera, maupun Kalimantan.

Berikut tabel perkembangan anggota CU PL Kasih :

 

No

Bulan

Jumlah Anggota

1

Januari

1337

2

Februari

1503

3

Maret

1557

 

  Contact CU PL Kasih

        HP : 085228659800

        Flexy : 024-70286080

        E-mail : cuplkasih@yahoo.com

RAPAT PENGURUS DAN PENGAWAS

Rapat Pengurus dan Pengawas CU PL Kasih pada bulan Februari (17/02/2011) dan bulan Maret (25/03/2011)  dilaksanakan di aula Yayasan Pangudi Luhur Pusat. Agenda rapat membahas tentang laporan manajemen pada pengurus, pengajuan pinjaman umum bulanan juga sekaligus mengagendakan sosialisasi kepada para pensiunan, keanggotaan para Bruder, dan pembukanaan simpanan Tabungan Bunga Harian atau TUMBUH. Berikut tabel realisasi pinjaman umum :

 

 

 

Bulan

Jumlah pengajuan

Nominal pengajuan

Jumlah terealisasi

Nominal realisasi

Februari

38 orang

Rp. 639.0000.000,-

22 orang

Rp.353.000.000,-

Maret

32 orang

Rp. 493.000.000,-

24 orang

Rp. 339.000.000,-

 

INFO KHUSUS CU PL Kasih

Q SIMPANAN TUMBUH (Tabungan Bunga Harian)

Mulai tanggal 1April 2011 mulai dibuka Simpanan TUMBUH ( Tabungan Bunga Harian ) untuk Anggota. Tumbuh adalah tabungan yang bertujuan untuk mengamankan kebutuhan sehari-hari Dengan Ketentuan sbb :

ª  Saldo Pembukaan tabungan Rp 25.000,-.

ª  Setoran selanjutnya minimal Rp 5.000,-.

ª  Dapat disetor dan ditarik setiap saat dalam jam kerja.

ª  Bunga Tumbuh 3% per tahun dan dapat berubah sewaktu-waktu.

ª  Bunga dibukukan setiap akhir bulan.

ª  Simpanan ini tidak disertakan dalam program JALINAN.

ª  Tutup rekening tabungan dikenakan biaya Rp 10.000,-.

ª  Buku tabungan jika hilang akan dikenakan biaya penggantian sebesar Rp 10.000,-.

ª  Cara menghitung balas jasa adalah : (Saldo x 3% x lama hari mengendap)/365.

 

Q Syarat dan ketentuan TUMBUH :

Ø  Siapapun boleh membuka simpanan TUMBUH diutamakan bagi anggota CU, dan nantinya akan berkembang pada orang tua murid dan siswa.

Ø  Anggota datang langsung ke CU PL Kasih pada jam kerja dan membuka rekening Tumbuh.

 

Agenda Sosialisasi CU PL Kasih :

                Sosialisasi Kepada para pensiunan YPL telah dilaksanakan dari bulan Februari 2011 sampai dengan bulan Maret 2011. Pensiunan yang di undang  adalah yang berusia 65 tahun ke bawah namun dimungkinkan untuk pensiunan yang berusia 70 tahun dapat ikut menjadi anggota. Tujuannya adalah agar para pensiunan mengenal CU PL Kasih, selain itu juga merupakan sapaan kepala kantor kepada para pensiunan.

 

      Jadwal Sosialisasi Anggota CU Pensiunan :

 

               

NO

TGL

CABANG/ RANTING

TEMPAT

 

1

14 Feb 2011

Semarang, Ambarawa, Pemalang

Aula YPL

2

22 Feb 2011

Surakarta

SMA PL St Yosef

3

1 Mar 2011

Yogyakarta

SMP PL Yogyakarta

4

6 Mar 2011

Ketapang

SMP PL St Albertus

5

8 Mar 2011

Muntilan

SMK PL Muntilan

6

19 Mar 2011

Jakarta

SD PL Jakarta

7

16 Feb 2011

Klaten

SMP PL 1 Klaten

 

 

PROFIL MANAGER CU PL KASIH

Emanuel Agung Haris Munanto

 

Saudara-saudari terkasih,para Anggota CU PLK.Salam sejahtera…

Bersama rubrik ini, perkenankanlah saya,Emmanuel Agung Haris Munanto, memperkenalkan diri sebagai yang diberi tanggungjawab untuk mengelola Credit Union kita ini,CU PLK. Masih teramat banyak pekerjaan besar yang ada di hadapan kami, yang harus digarap dengan keuletan dan kerja keras untuk mencapai tujuan dan cita-cita kita bersama yaitu “kemandirian ekonomi tingkatkan kesejahteraan”.

 

Dalam usia yang dapat dikatakan masih bayi, keinginan dan harapan untuk mewujudkan kesejahteraan  bersama merupakan obsesi kami,manajemen,yang menjadi suatu kepuasan dan kebanggaan apabila dapat diwujudkan. Banyak target dan sasaran yang akan kita raih. Ibaratnya kita saat ini ingin membangun sebuah gedung sebagai tempat  berteduh dan menjadi pijakan untuk beraktivitas selanjutnya.Ada tiga bagian yang menjadi titik berat/ prioritas mewujudkan sebuah bangunan yang kokoh. Pertama adalah: membangun sebuah pondasi yang kokoh yang didirikan di atas batu padas (bukan pasir). Kedua adalah: mendirikan pilar yang kuat. Dan bagian ketiga: mewujudkan sebuah bangunan yang megah dan mewah.

 

Apa yang menjadi pondasi yang kokoh sebuah organisasi termasuk CU PLK? Untuk mencoba menjawab pertanyaan ini,kita lihat sebuah pertanyaan pembanding. Mengapa ASTRA menjadi sebuah perusahaan yang tetap kokoh berdiri meski sudah memasuki usia lebih dari 40 tahun dan telah berganti-ganti manajemen? Jawabnya: adanya “Aturan/ketentuan main yang jelas dan tegas”. Mereka memiliki standar operasional yang jelas dan mengatur semua langkah kegiatan yang mengarah pada kemajuan dan dipahami serta dilaksanakan seluruh insan ASTRA. Siapapun manajemennya, tidak akan berpengaruh pada kinerja perusahaan karena seluruh personil bekerja berdasar tanggungjawab pada standard dan prosedur kerja tersebut.

Oleh karena itu,kita akan membangun sebuah organisasi dengan pondasi standar operasional kerja yang kuat dan professional. Setelah pondasi yang kuat kita bangun, langkah selanjutnya adalah membangun pilar-pilar yang kokoh berupa semangat kerja, tanggung jawab dan loyalitas. Dengan pondasi dan pilar-pilar yang ada tersebut kami, manajemen, akan mewujudkan bangunan yang diidam-idamkan bersama yaitu kemandirian ekonomi dan kesejahteraan bagi seluruh anggota CU PLK.

 

Mulai bulan Pebruari 2011 telah dilakukan pemberian Pinjaman Umum kepada anggota, dengan plafon pinjaman maksimal Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah) per anggota. Diasumsikan, rata-rata per bulan  terdapat 16 peminjam dengan jumlah pinjaman Rp 25.000.000/ anggota, maka dibutuhkan dana Rp 400.000.000 per bulan untuk dapat dipinjamkan kepada anggota. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut,diharapkan diperoleh dana selain dari iuran anggota, juga dari pengembangan tabungan TUMBUH. Oleh karena itu manajemen mentargetkan adanya penambahan anggota dari keluarga karyawan Pangudi Luhur dan meningkatnya jumlah tabungan TUMBUH.

 

Demikian sekapur sirih dari kami. Marilah kita bangun CU kita bersama dengan hati dan rasa memiliki, karena inilah masa depan kita..masa depan yang cerah.

 

Berkah Dalem..

 

 

 

Salam Redaksi

“ Semangat Pagi,,,,,,, “

Salam jumpa sahabat karisma, sedikit aneh memang untuk mengucapkan sapaan tersebut, tetapi itulah yang dilakukan keseharian oleh aktivis Credit Union (CU) didunia. Jawaban atas salam tadi adalah “luar biasa”. Hal tersebut untuk menumbuhkan semangat dan motivasi yang berkesinambungan untuk selalu membawa visi dan misi CU di mana dan kapanpun. Semangat yang terus dipupuk menjadikan Credit Union semakin berkembang.

Selamat membaca dan semoga terinspirasi,,,,,,,                                *Redaksi

 





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 54.144.21.195 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2017  http://www.pangudiluhur.org/