YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Kamis, 27 Juni 2019  - 2 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 


19.02.2009 12:17:56 1649x dibaca.
ARTIKEL
OPTIMALKAN DENYUT INFORMASI ELEKTRONIK

Oleh: Antonius Dwianto
Guru TIK SMA PL Van Lith Muntilan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Hampir semua jenis pekerjaan memerlukan teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) karena alat ini sangat  efektif bagi seseorang, institusi ataupun sebuah negara.


Saat ini perkembangan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) sudah sedemikian pesatnya, terutama di daerah perkotaan. Seperti kita ketahui bersama, adanya kebijakan dalam rangka mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ke dalam pendidikan merupakan suatu terobosan yang diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.


Namun, sejauh ini pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masih terkonsentrasi di daerah-daerah perkotaan saja. Bagaimana dengan daerah-daerah terpencil...?

Bukankah saudara-saudara kita yang di daerah terpencil memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang layak. Kenyataan yang ada saat ini, kita masih mendapati besarnya kesenjangan pendidikan antara daerah-daerah terpencil dibandingkan dengan daerah perkotaan.Yang seharusnya menjadi pemikiran kita adalah bagaimana dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi & Komunikasi ke dalam pendidikan, kita mampu memperkecil kesenjangan pendidikan yang terjadi antara daerah terpencil dengan daerah perkotaan.


Kebutuhan akan komputer setiap hari semakin penting. Komputer sudah bukan barang mewah, tetapi sudah menjadi bagian hidup masyarakat sekarang ini. Para Pendamping di Lingkup Yayasan Pangudi Luhur juga merasa perlu akan adanya komputer baik di rumah, ataupun di sekolah, syukur ada di setiap kelas, sehingga bisa mendukung dalam proses belajar-mengajar. Proses belajar saat ini semakin modern, apa lagi dengan adanya internet, PBM (Proses Belajar Mengajar) menjadi semakin lebih menarik dan informasi yang diperoleh tambah komplit.


Dimasa yang akan datang mungkin papan tulis akan digantikan dengan papan digital dan para siswa akan memabawa notebook karena alat ini sangat efektif dan praktis. Keuntungan dari para siswa membawa notebook adalah sekolah tidak perlu menyediakan laboratorium komputer, dalam hal ini sekolah sudah menghemat biaya pengadaan, maintenance dan biaya listrik, sehingga biaya itu bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain.


Dalam lingkup Yayasan khususnya di setiap Cabang ada baiknya jika memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini misal dengan menghubungkan setiap unit kerja yang satu dengan unit kerja yang lain. Ke depan nanti setiap unit kerja akan terhubung dengan kantor Pusat di Semarang, bagaimana dengan unit kerja yang di luar pulau ?


Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak mengenal batas, di manapun asal ada kemauan pasti bisa dijangkau. Walaupun tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk mewujudkan semua itu, tetapi jika kita tidak pernah mencoba untuk melakukannya kita tidak akan pernah tahu akan kemampuan kita. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan alat bantu manusia untuk mencapai tujuan. Manusia dengan kekuatan otaknya yang akan menentukan kesejahteraan bangsa ini, pendidikan menjadi kunci utamanya.


Manfaat Jaringan Local Area Network (LAN) kini bisa dirasakan oleh YPL Cabang Muntilan, dengan menggunakan LAN dan wirelless maka TK PL, SD PL, SMP PL Mandungan, SMK PL unit Utara dan SMK PL unit Selatan serta Bruderan dan SMA PL Van Lith, dapat menikmati jaringan Internet secara bersama-sama.LAN ini juga bisa untuk saling tanya-jawab antar unit kerja yang satu dengan yang lain.


Diharapkan jaringan ini dapat digunakan sebagai sarana komunikasi antar unit kerja di kalangan YPL cabang Muntilan, Terlebih saat ini YPL Pusat menerapkan Sistem administrasi, mengingat sistem administrasi ini masih baru, tentunya masih banyak kendala di lapangan. Maka jangan malu untuk bertanya ya..






KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 34.204.36.101 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2019  http://www.pangudiluhur.org/