YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Senin, 25 September 2017  - 3 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 


20.01.2010 08:33:33 2002x dibaca.
ARTIKEL
PENCITRAAN YAYASAN PANGUDI LUHUR DENGAN MENGEDEPANKAN SIKAP BERGANDENG TANGAN

Oleh: Bruder Theo Riyanto
Kepala YPL Pusat


Lima tahun yang lalu, pada tahun 2004, kita merayakan Pesta Emas Yayasan Pangudi Luhur. Pada saat itu kita mengambil tema besar “Mengedepankan Kualitas, Akuntabilitas, dan Kredibilitas”. Kita semua menyadari pada era globalisasi ini lembaga apa pun dituntut kualitas, akuntabilitas dan kredibilitas  termasuk juga transparansi. Tanpa ketiga hal pokok tersebut, maka eksistensinya semakin dipertanyakan sampai kuat berapa tahun untuk dapat bertahan dan tetap diperhitungkan.


Gerak dan dinamika Yayasan Pangudi Luhur (YPL) pun tidak lepas dari gerak dan dinamika perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat, dan tuntutan ke depan. Oleh karena itu pantas dan layak selalu diusahakan gerak maju dan berkualitas untuk mengemban misi pencerdasan bangsa, pembentukan pribadi seutuhnya dan beriman tangguh.


Gerak untuk mengisi tema besar di atas bukanlah hal yang mudah. Kita terus menerus dengan segala pengalaman, potensi dan tantangan yang ada hendaknya mengusahakan kualitas, akuntabilitas dan kredibilitas. Tidak mudah, namun kita pasti bisa kalau mau bergandengan tangan, tidak hanya sesama Pangudi Luhur, namun juga dengan pihak-pihak lain yang berkehendak baik dan se-visi dengan Pangudi Luhur. Hal ini sejalan dengan yang digariskan oleh Nota Pastoral Konferensi Wali Gereja Indonesia tentang Lembaga Pendidikan Katolik yaitu agar yayasan-yayasan (sekolah-sekolah) memperbaiki tata kelolanya seturut manajemen modern dengan tetap mendasarkan diri pada Roh Kekatolikan. Namun juga diimbau agar kita bekerjasama untuk dapat saling berbagi dengan semangat ekaristi yaitu : Dikumpulkan, Diberkati, Dipecah-pecah dan DIBAGIKAN.


Sekarang pada tahun 2009 ini kita mensyukuri usia Yayasan Pangudi Luhur yang ke 55. Tema yang diambil tetap merupakan kelanjutan dari tema lima tahun yang lalu, dengan penekanan pada semangat bergandengan tangan untuk “menggugah dunia”. Bukan hanya kaum muda, kita semua warga YPL hendaknya bergandengan tangan menggugah dunia sekitar kita, dunia kecil lingkungan masing-masing, untuk membawa perubahan agar semakin cerdas, semakin berkualitas. Kita ‘kejutkan” masyarakat sekitar kita dengan karya kita, dengan semangat kita, dengan bakti kita, dengan kebersamaan kita.

Pangudi Luhur sebagai salah satu lembaga pendidikan hendaknya dapat menggugah dunia pendidikan dengan layanan yang terbaik, dengan kualitas pendidikan yang tidak hanya pengajaran saja, dengan mempertanggungjawabkan proses pembelajaran sehingga memberikan ranah kepribadian, iman, etika dan keterampilan yang memenuhi kebutuhan masyarakat. Hendaknya di setiap unit kerja diciptakan semangat bergandengan tangan, komunitas iman dan persaudaraan sejati. Tidak hanya antar guru dan karyawan, namun juga dengan orang  tua siswa dan alumni. Kita upayakan kerjasama yang padu dengan pihak-pihak terkait, untuk layanan pendidikan kita.


Oleh karena itu Yayasan Pangudi Luhur mengupayakan beberapa hal penting dalam rangka mengedepankan kualitas, akuntabilitas dan kredibilitas yang berkaitan dengan “bergandengan tangan”. Prinsipnya membangun jejaring, bekerjasama merupakan keharusan pada zaman ini. Bukan semangat kompetisi semata yang diperlukan, namun juga kooperasi.  


Kepemimpinan yang kita kembangkan adalah kepemimpinan partisipatif, kepemimpinan yang melibatkan dan kepemimpinan yang bersifat kolegialitas. Kita kembangkan juga semangat kemitraan antar sesama Pangudi Luhur dengan mengembangkan sistem “kampus” dan pertemuan atau rapat antara Kepala Sekolah dan Staf di setiap Cabang dan Ranting. Kita kembangkan budaya “satu untuk semua dan semua untuk satu”, baik dalam visi dan misi, finansial, fasilitas, buku-buku, kebijakan dan tata kelola yang bersifat teknis administratif.


Dalam hal kebijakan dan finansial, kita usahakan dapat kita pertanggungjawabkan kepada pihak-pihak terkait, kita usahakan transparansi dan tata kelola yang modern agar dapat dipertanggungjawabkan. Kredibilitas kita juga perlu dijaga dan diusahakan terus menerus agar pelanggan tetap percaya bahwa kita “pakar” dalam pendidikan. Oleh karena itu hendaknya kita masing-masing mengembangkan diri menjadi pribadi-pribadi yang dapat dipercaya dan bertanggungjawab baik dalam hidup maupun karya kita masing-masing. Kepercayaan dan tanggungjawab yang kita “emban” adalah amanah dari Tuhan yang memanggil kita untuk berkarya di bidang pendidikan. Mari, kita jamin bersama bahwa kita adalah pribadi-pribadi yang dapat dipercaya dan diberikan tanggungjawab, utamanya dalam mendidik kaum muda secara holistik.


Pada tahun 2009 ini Yayasan Pangudi Luhur dengan hati-hati dan sekaligus digerakkan semangat untuk maju dan menjaga eksistensinya, menjalin kerjasama-kerjasama secara formal dengan Bank Tabungan Negara (BTN), International Language Programe (ILP), dan Universitas Sanata Dharma (USD). Bidang-bidang yang kita adakan kerjasama adalah dalam hal tata kelola keuangan (BTN), kualitas pembelajaran bahasa Inggris (ILP), dan kualitas pendidikan, guru dan kurikulum (USD). Pangudi Luhur berinisiatif untuk bergandengan tangan dengan lembaga-lembaga tersebut agar dapat “mengedepankan kualitas, akuntabilitas dan kredibilitas”. Kita juga ingin memformalkan kerjasama-kerjasama dengan semangat bergandengan tangan dengan pihak-pihak lain yang selama ini telah sering bekerjasama, misalnya dengan Universitas Soegijopranoto Semarang (Psikologi dan Ekonomi), dengan beberapa penerbit seperti Kanisius, Erlangga, dan Yudhistira, dan lain sebagainya.


Kita yakin dengan bergandengan tangan dengan pihak-pihak terkait, kita akan kuat dan mampu menjalankan tugas pelayanan pendidikan dengan tetap memiliki pencitraan yang memiliki daya tahan, daya pikat, dan daya saing yang tinggi. Maka di sekolah-sekolah dan unit kerja juga hendaknya diadakan jejaring dengan pihak-pihak terkait dan pihak-pihak lain yang berkehendak baik. Pertama-tama tentu jejaring internal dan kemudian mengarah ke eksternal. Bukan pertama-tama hanya yang bersifat finansial namun juga menyangkut pengembangan personalia, kualitas pembelajaran, kehumasan, pencitraan, dan lain sebagainya. Jejaring ini untuk memperkuat eksistensi namun juga sekaliguskiprah bersama, saling berbagi kekuatan dan kelemahan, kekayaan dan kekurangan, kelebihan dan kekurangan.

Akhirnya, marilah kita bersama-sama mensyukuri karunia usia 55 tahun ini dengan semangat bergandengan tangan baik secara internal maupun eksternal. Kita pegang tradisi yang baik, yang unggul, dan kita cermati perubahan-perubahan sehingga kita dapat meraih yang terbaik tanpa terjebak oleh aspek negatif dari perkembangan zaman.


Roh Kepangudiluhuran hendaknya terpatri erat-erat di dada kita masing-masing, sehingga Pangudi Luhur tetap dapat memberikan “makna” sepanjang masa. Profisiat untuk kita semua.


Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada para pemerhati Pangudi Luhur, para donatur, sponsor, orang tua siswa, komite sekolah, para siswa yang telah mengulurkan perhatian, dana, keterlibatan dan dukungan pada acara perayaan 55 tahun dan Pelindung Yayasan Pangudi Luhur.


Mari kita selalu bergandengan tangan.....





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 54.144.21.195 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2017  http://www.pangudiluhur.org/