YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Jumat, 18 Oktober 2019  - 2 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 


10.03.2011 02:34:57 2321x dibaca.
BERITA
Anselmus Robertus Mecer Tokoh CU Peraih USD Award 2010

USD Award merupakan salah satu bentuk penghargaan yang di berikan Universitas Sanata Darma kepada seseorang yang mampu berprestasi atau menciptakansuatu ide atau gagasan baru. Pada hari Jumat 17 Desember 2010 bersamaan dengan Perayaan Lustrum XI dan Ulang Tahun ke-55 Universitas Sanata Darma di Yogyakarta salah seorang tokoh CU yaitu Anselmus Robertus Mecer meraih penghargaan bergengsi “ Universitas Sanata Darma Award Tahun 2010 “ sebagai Perintis dan Penggiat Credit Union di Indonesia. Penyerahan penghargaan yang diberikan setiap lima tahun tersebut dilakuakan oleh Rektor Universitas Sanata Darma (USD) Pastor DR Ir Paulus Wiryono Priyotamtama.

Menurut Pastor Wiryono Priyotamtama SJ, sosok Mecer merupakan tokoh Indonesia yang mampu membangun kekuatan-kekuatan transformative rakyat melalui credit union. “Credit union bukan lagi sekedar aktivitas ekonomi, tetapi merupakan gerakan social yang membuat masyarakat terutama kaum papa, memilik harkat dan martabat sebagai manusia,” paparnya.

Mecer memang pantas menerima USD Award, sebab sebagian besar hidupnya diabdikannya untuk pengembangan credit union, untuk menolong orang miskin. Ia telah memfasilitasi puluhan credit union yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sejak 1998 sampai sekarang, Mecer menjabat sebagai Ketua Pusat Koperasi Kredit Badan Koperasi Credit Union Kalimantan  (BKCUK). Ada 47 credit union (CU) primer yang menjadi anggota BKCU Kalimantan termasuk CU PL Kasih. Ke-47 CU tersebut tersebar di Kalimantan, Nusa Tenggara, Jawa, Sumatra, Sulawesi, Papua, dan Maluku.

Anselmus Robertus Mecer  lahir di menyumbung, Ketapang , Kalbar pada 27 Maret 1944. Suami dari Veronica Suwarni ini dianugerahi enam anak,  yakni Frans, twiseda,  Yugin, Theofillus, Teresa, dan Canaga. Pendidikan terakhir adalah IKIP Bandung (1978). Mecer pernah menjadi guru SMA St Paulus Pontianak, Pendiri Yayasan Pancur kasih, dosen matematika Universitas Tanjungpura (kini pensiun), anggota DPRD Kalbar (1987-1992), Anggota MPR-RI Utusan Etnis Minoritas Dayak Se-Kalimantan (1999-2004), Komisaris Utama BPR Pan-Bank, Komisaris Utama PT Ruai TV, penasihat/Pembina pada puluhan credit union di Indonesia.

  Mecer berhasil mengembangkan model CU professional dengan ciri khas local. Inilah yang menjadi rahasia sukses pengembangan gerakan CU di Kalbar, sehingga diadopsi CU ditempat lain di Indonesia. Nilai-nilai, budaya, kearifan masyarakat local dijadikan landasan dan pegangan dalam pengembangan CU tanpa meninggalkan prinsip-prinsip universal CU.

Tak bisa dipungkiri, CU bukan lagi sekedar lembaga keuangan, tetapi sudah menjadi gerakan ekonomi karena besar dan luasnya dampak yang dihasilkannya. Lahirnya CU merupakan cara yang jitu memutus rantai kemiskinan. “Dengan CU, kita menciptakan modal untuk memutus rantai kemiskinan itu”,  urai Mecer.










^:^ : IP 18.204.48.40 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2019  http://www.pangudiluhur.org/