YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Selasa, 20 Agustus 2019  - 5 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 


20.05.2019 14:10:37 270x dibaca.
BERITA
Pengalaman adalah guru terbaik

oleh : Dr. Br. G. Bambang Nugroho FIC

Pelatihan guru terlihat sebagai sebuah hal yang agak teknis berfokus pada isi kurikulum dan metode pengajaran khusus. Yang intinya adalah sebuah profesi moral. Kebanyakan para guru ingin membuat perubahan positif pada kehidupan para siswanya. Memperbaiki kualitas dan bukan hanya sekedar lulus ujian, dengan demikian adalah tugas penting bagi guru. Meskipun kualitas sering didefinisikan dalam hal prestasi akademis, mungkin lebih sulit dari apa yang dapat diukur dalam tes.

Saat ini, seperti yang tertulis dalam tujuan pendidikan untuk semua, kualitas diberi makna yang lebih luas, mengakui hasil yang terukur dan tidak terukur, serta proses di mana pendidikan berlangsung. Apa yang terjadi di dalam ruang kelas harus diubah agar dapat menciptakan sebuah pengalaman perkembangan yang positif dan lebih inklusif bagi semua anak. Dengan demikian, penting merefleksikan peran dan tanggung jawab guru, karena peran, perilaku dan metode dapat meningkatkan atau menghambat kemampuan seorang anak untuk belajar secara efektif.

Beberapa studi telah memberikan bukti bahwa investasi pada guru mungkin menjadi salah satu yang paling efektif dalam meningkatkan kualitas hasil pendidikan. Keefektifan guru adalah faktor tunggal yang paling penting untuk mempengaruhi proses belajar. Studi telah menunjukkan bahwa 40 hingga 90% perbedaan dalam prestasi dapat dikaitkan dengan kualitas guru. Sementara saat ini perhatian diberikan kepada pendidikan calon guru, ada kebutuhan signifikan yang tidak terpenuhi bagi kelangsungan pengajaran profesional dan dukungan bagi para guru dan kepala sekolah yang sudah ada di sekolah-sekolah. Pengalaman membuat guru bisa lebih baik dalam membuat suatu temuan yang bisa mengubah dunia pendidikan ini menjadi lebih baik.

Semua orang bisa menjadi guru terbaik, dan semua peristiwa yang dialami oleh seseorang bisa membuat orang tersebut menjadi lebih baik dalam membuat apapun di dunia ini. Dengan hati yang tulus ikhlas-lah pengalaman yang kita lakukan bisa menjadi guru terbaik bagi kita. Banyak orang mengatakan bahwa guru yang paling baik adalah pengalaman. Begitu pentingnya pengalaman dalam kehidupan kita, sampai dalam perekrutan tenaga baru di beberapa lembaga sering kali mempersyaratkan pengalaman sebagai persyaratan utama. Pengalaman disebutkan sebagai pengetahuan tertinggi menurut Sidharta Gautama. Menurutnya, ada 3 cara manusia memperoleh pengetahuan :

  1. Pengetahuan yang diperoleh melalui informasi dari orang lain. Informasi seperti ini masih diperlukan analisis dan kajian untuk lebih meyakinkan kebenarannya, kita belum tentu bisa langsung menerimanya.
  2. Pengetahuan melalui proses analisa pemikiran sendiri, sumber yang perlu dianalisa bisa saja berasal dari informasi orang lain maupun dari hasil penggaliannya sendiri.
  3. Pengetahuan yang didapat melalui pengalaman. Pengetahuan inilah yang diyakini paling benar bagi dirinya dan sulit dibantah oleh orang lain.

Pemikiran itulah yang melandasi, mengapa kita perlu belajar dari pengalaman. Dari pengalaman, kita bisa melakukan evaluasi terus menerus dan memperbaiki diri. Dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan, proses pembelajaran yang berdasar pengalaman sebagai bahan belajar ini dikenal dengan istilah Experencial Learning Circle (ELC), yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap mengalami, tahap berbagi pengalaman atau pengungkapan pengalaman, tahap menganalisis, tahap menyimpulkan & merencanakan serta tahap menerapkan atau penerapan, yang dilakukan secara berulang sehingga membentuk suatu siklus. Berdasarkan tahapan pelaksanaan ini sehingga istilah lain yang sering digunakan dalam proses belajar berdasarkan pengalaman adalah AKOSA (Alami, Kemukakan, Olah,

Simpulkan dan Aplikasikan).

Mari kita belajar dari pengalaman terbaik dari diri kita sendiri maupun dari pengalaman terbaik orang lain, agar berguna dalam tata kelola atau praksis pembelajaran para pendidik dan tenaga kependidikan di manapun berada.  (diambil dari Buku Best Practices)








^:^ : IP 18.206.13.39 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2019  http://www.pangudiluhur.org/