YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Rabu, 22 Mei 2019  - 10 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 


15.01.2011 04:49:42 2841x dibaca.
BERITA
SMA PL Yogya ditetapkan sebagai Sekolah Model

Ditunjuknya SMA PL Yogya menjadi Sekolah Model berdasarkan Surat dari Kepala Dinas Dikpora Propinsi DIY Nomor 421/ 2535, tanggal 3 April 2010 oleh warga SMA PL Yogya ditanggapi dengan gembira karena eksistensi atau keberadaan SMA PL Yogya diakui dan dipandang memenuhi syarat untuk dijadikan Sekolah Model SKM-PBKL-PSB. Di lain pihak juga ditanggapi dengan berbagai perasaan yang penuh kekuatiran karena Sekolah Model menuntut guru, karyawan, dan siswa harus berbasis IT dalam proses pembelajaran, dan menerapkan manajemen sekolah.

            Dengan ditetapkannya  SMA PL Yogya  sebagai salah satu yang akan diverifikasi, dibentuklah tim penyelenggara verifikasi SMA Model SKM-PBKL-PSB yaitu Penanggung Jawab Drs Br Herman Yoseph FIC (selaku Kepala Sekolah), Penanggung Jawab Teknis Operasional adalah Andreas Mujiyono SPd, Drs B Sumarno dan Drs Y Agus Joko P serta dibantu guru dan karyawan sebagai penanggung jawab Standar.

            Tim Penyelenggara ini mempersiapkan dan bertanggung jawab terhadap kelengkapan administrasi sekolah yang terdiri 9 komponen yang mempresentasikan 8 SNP dan 1 komponen kesiapan  dan dukungan eksternal.. Dari komponen–komponen ini selanjutnya diverifikasi oleh Tim. Sistem  verifikasi berlangsung Kamis dan Jumat, tanggal 15–16 April 2010, sedangkan Tim yang memverifikasi satu orang dari direktorat  yaitu Drs Hendry Akbar MSi (Dinas Pendidikan Muaro, Jambi, Sumatera) dan Tim yang lain dari daerah yaitu Drs Sri Raharjo (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Kabupaten Sleman).

            Sekolah yang diverifikasi seluruh Indonesia ada 177, dan dipilih 132 sekolah. Untuk DIY ada 12 sekolah yang diajukan ke Direktorat untuk diverifikasi. Dari 12 sekolah yang lolos untuk diverifikasi hanya 8 Sekolah antara lain : SMA N 11 Yogya, SMA N 7 Yogya, SMA PL Yogya, SMA BOPKRI 2 Yogya, SMA Muhammadiyah 7 Yogya; SMA N 1 Sewon, Bantul, Yogya; SMA N 1 Temon, Kulon Progo, Yogya; SMA N 2 Wonosari, Gunung Kidul, Yogya.

            SMA PL Yogya disebut Sekolah Model karena sudah memenuhi (1) SKM yaitu Sekolah Kategori Mandiri.  Sekolah kategori ini adalah sekolah yang  telah memenuhi atau hampir memenuhi 8 SNP yaitu Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan. (2) PBKL, yaitu Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal yaitu pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi,  ekologi, dan lain-lain. (3) PSB yaitu Pusat Sumber Belajar merupakan sistem pengelolaan yang terorganisasi untuk menyusun, mengembangkan, dan menyediakan sumber belajar dalam mendukung proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media informasi dan komunikasi, wahana belajar, dan media unjuk kinerja. (4) Sekolah berbasis IT, dan sudah menerapkan manajemen sekolah

Dengan ditetapkannya SMA PL Yogya menjadi Sekolah Model SKM-PBKL-PSB akan memberi warna bagi Yayasan Pangudi Luhur dan kiranya akan memacu bagi sekolah lain untuk mencapai SKM.

Profisiat untuk SMA PL Yogya!!  Selamat berjuang, semoga SMA PL Yogya tetap berkibar dan semakin diminati masyarakat ! (FX  Sudarno)

 










^:^ : IP 18.212.83.37 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2019  http://www.pangudiluhur.org/