YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Senin, 25 September 2017  - 2 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 


24.08.2011 13:48:22 1858x dibaca.
BERITA
Sosialisasi ILP Pangudi Luhur di SMP PL Klaten

Upaya Yayasan Pangudi Luhur (YPL) menjadikan pembelajaran Bahasa Inggris  plus melalui ILP Pangudi Luhur (PL) sebagai ciri khas sekolah PL kembali mendapat tanggapan positif. Pada Jumat 18 Februari 2011, SMP PL Klaten memberikan kesempatan kepada ILP PL untuk mempresentasikan program pembelajaran Bahasa Inggris ala ILP PL.

Undangan untuk sosialisasi program ILP PL ini didasarkan atas pengalaman bagus yang di SMP PL Yogya. Ketika itu dua guru dari ILP Pusat Jakarta (Ibu Nita dan Ibu Christy) diundang untuk mengajar Bahasa Inggris ala ILP. Dari hasil pengamatan Bruder Heribertus Triyanto FIC, para siswa sangat menikmati sistem pembelajarannya dan mereka mengalami peningkatan kemampuan yang signifikan melalui ulangannya. Walau pun demikian, kendala yang dihadapi juga tentu ada, seperti misalnya kelas yang terlalu besar, dsb.

Sebelum disampaikan presentasi tentang ILP PL, Kepala SMP PL Klaten Bruder Heribertus Triyanto FIC menyampaikan harapan-harapan sekolah akan meningkatnya kemampuan para siswa dalam berbahasa Inggris. Selain itu juga disampaikan kendala-kendala yang selama ini menjadi keprihatinan sekolah yang menyebabkan para siswa kurang lancar berkomunikasi dalam Bahasa Inggris antara lain: para siswa kurang berani aktif berbicara Bahasa Inggris walaupun sebenarnya mereka memiliki kemampuan untuk itu – terbukti dari hasil tes mereka yang nilai rata-ratanya bagus; lingkungan sekolah maupun keluarga/masyarakat juga kurang memberikan dukungan untuk berkembangnya kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris, dsb.

Dalam presentasinya, Koordinator ILP PL Ms Domonica R Roem DP menyampaikan bahwa untuk tingkat SMP, ILP PL menggunakan materi Young Adults’ Courses (YAC) seperti yang diberikan di ILP pusat dan franchise-nya mencakup 6 level – kelas 7 (YAC 1-2), kelas 8 (YAC 3-4), dan kelas 9 (YAC 5-6).

Untuk efektivitas pembelajarannya, approach-methodology yang digunakan meliputi antara lain: communicative approach, eclectic, student-centered, presentation-practice-production (ppp) paradigm, cooperative and collaborative learning, dsb. Sementara penilaiannya dilakukan di awal, tengah, dan akhir proses pembelajaran yang didasarkan pada keterlibatan siswa (class participation), wicara (speaking), tugas tertulis (written work), dan menyimak (listening).

Untuk mengatasi jumlah siswa yang besar, pembelajaran ILP PL melibatkan 2 guru untuk setiap tatap mukanya. Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan siswa nantinya bisa memperoleh nilai Bahasa Inggris yang lebih bagus dari biasanya dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang aktif dan lancar. Dan yang penting lagi, keterlibatan siswa dalam berbagai event lomba Bahasa Inggris diharapkan menjadi hal rutin.

Dalam presentasi ini muncul beberapa pertanyaan yang terkait dengan bagaimana mengatasi kendala yang sampai sekarang belum ada solusinya. Salah satu solusi yang digunakan oleh ILP PL adalah dengan digunakannya metode permainan (game). Metode permainan ini digunakan sebagai warmer agar siswa bangkit dari kelesuannya. Karena sifatnya merupakan warmer, durasi untuk permainan ini harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak menjadi dominan dalam proses pembelajaran.

Setelah berbagai pertanyaan dari SMP PL Klaten terjawab, tampaknya ILP PL akan memulai karya baru di tingkat SMP. Dan SMP PL Klaten mungkin akan menjadi SMP PL pertama yang akan bekerja sama dengan ILP PL dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk para siswanya.  Walau pun kerjasama ini masih dalam taraf penjajakan, tetapi ILP PL akan mempersiapkan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh. Kesungguhan ini diwujudkan dengan segera dilakukannya koordinasi ke ILP Pusat di Jakarta pada 22 Maret 2011.

(Kus Suprayogo, YPL Pusat)








^:^ : IP 54.144.21.195 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2017  http://www.pangudiluhur.org/