YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Senin, 25 September 2017  - 5 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 



PROFIL
SD PANGUDI LUHUR TARSISIUS SEMARANG

PENDAHULUAN

SD Pangudi luhur Tarsisius berlokasi di Jalan Muktiharjo Dalam Nomor 4 Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan Semarang. Semula SD PL Tarsisius berlokasi di Jalan Brigjend. Katamso Nomor 49 Kelurahan Peterongan Kecamatan Semarang Selatan.


Kemungkinan besar sekolah ini dulu milik Yayasan Kanisius. Menurut data sekolah, sekolah ini telah berdiri sejak 25 September 1941. Bahkan pernah diketemukan buku induk tertua, sekolah ini sudah ada sejak tahun 1935.


Sebagaimana sekolah Pangudi Luhur yang lain di Semarang, pada awalnya SD PL Tarsisius sebagai Sekolah Dasar Putra yang kebetulan pribumi. Biasanya anak anak putri bersekolah di SD Putri yang dikelola oleh Yayasan Marsudirini. Kebetulan SD PL Tarsisius berdekatan dengan SD Antonius milik Yayasan Marsudirini.




PERKEMBANGAN SEJAK TAHUN 1967-1997

Sejak Januari 1967 penulis mulai bekerja di SD PL Tarsisius bersama. beberapa rekan guru di bawah pimpinan Bapak B.A. Djokosujitno. Dalam beberapa tahun ada Bruder muda yang juga bekerja di SD PL Tarsisius.


Sampai dengan tahun pelajaran 1969 SD PL Tarsisius hanya satu sekolah saja. Pada waktu itu gedung SD PL Tarsisius dipakai juga oleh SD Andreas pada waktu siang. Berhubung makin banyak peminat-peminat untuk bersekolah di SD PL Tarsisius, dan sekaligus untuk memanfaatkan gedung sekolah secara maksimal maka dibukalah SD PL Tarsisius II pada tahun 1970. Pada tahun pertama SD PL Tarsisius II sudah memiliki kelas I sampai kelas III, karena mendapat peninggalan anak anak dari SD Andreas beserta para gurunya. Sejak saat itu pula SD PL Tarsisius menerima, murid putra maupun putri.


Tahun 1972 SD PL Tarsisius 11 secara administratif dipisahkan dengan SD PL Tarsisius I dengan Kepala Sekolah Bapak FX Sudama yang juga masih tetap sebagai guru SD PL Tarsisius I sampai tahun 1983.


Tahun 1974 terjadi mutasi beberapa Kepala Sekolah. Sejak Tahun itu SD PL Tarsisius I di bawah pimpinan Bapak R.A. Maryoto yang sekaligus sebagai Koordinator TK/SD PL Tarsisius.


Tahun Pelajaran 1983/1984, Bruder Petrus FIC menjadi Kepala, SD PL Tarsisius II. Selang beberapa tahun Bapak Y.M. Budiyono menggantikan Bruder Petrus FIC sebagai Kepala Sekolah SD PL Tarsisius II sampai tahun 1996/1997.


Untuk menampung siswa yang semakin banyak dan karena gedung sekolah lama sudah cukup tua, maka tahun 1981 dilakukan renovasi dan pembangunan gedung baru, dan 1 unit bertingkat.
Sebagaimana sekolah sekolah yang lain, SD PL Tarsisius juga mengalami pasang surut dalam hal jumlah siswa. Sampai tahun 1990 jumlah siswa masih cukup baik. Rata rata tiap kelas dapat mencapai 40 orang. Setelah tahun itu agaknya peminat ke SD PL Tarsisius makin berkurang. Mengapa demikian ... ?


Bisa jadi karena jumlah sekolah disekitar lokasi itu makin banyak. Mungkin juga karena sekolah tersebut cukup rawan bagi anak anak kecil, karena banyak truk truk gandeng yang lewat di samping sekolah menuju ke gudang PT Djarum di dekatnya.
Peminat semakin kecil, setelah beberapa kali dihembuskan isue, bahwa sekolah tersebut akan pindah sebab lokasi tersebut akan dibeli PT Djarum.

Akhirnya tahun 1996/1997 TK/PL Tarsisius tidak menerima pendaftaran siswa baru.



PERPINDAHAN LOKASI
Tahun 1997 Bapak AT. Triyono salah seorang tokoh masyarakat di Muktiharjo, melihat bahwa anak anak dari TK Kartini I perlu ditampung di sekolah yang tidak terlalu jauh dan bebas dari penyeberangan rel kereta api. Atas prakarsa Bapak AT. Triyono dan didukung oleh masyarakat sekitar maka diajukanlah permohonan kepada Dewan Provinsi FIC / YPL agar di Muktihado didirikan sekolah untuk menampung anak anak yang berasal dari sekitar TK Kartini. Yayasan Pangudi Luhur juga melihat bahwa SD Tarsisius makin sedikit jumlah siswanya maka diproseslah permohonan dari masyarakat Muktiharjo. Pada tahun itu pula diadakan pendekatan oleh pembina Alm. Bapak T. Sunarto ke kantor Dinas dan sekolah sekolah sekitar tentang rencana pemindahan lokasi SD PL Tarsisius ke Muktiharjo.


Hasilnya, baik Dinas maupun sekolah sekitar merasa tidak keberatan. Tahun pelajaran 1998/1999 Yayasan Pangudi Luhur merealisasi pembukaan SD PL Tarsisius di Jalan Muktiharjo Dalam Nomor 4 Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan, dengan Kepala Sekolah Bapak FX Sudama. Dengan demikian sekolah ini dibuka dengan maksud :

  • melestarikan SD PL Tarsisius
  • memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar
  • menampung anak anak dari TK Kartini I yang sudah ada lebih dulu
  • mempersiapkan anak anak untuk dapat melanjutkan ke SMP PL Bonifasio yang lokasinya berdekatan.




PERKEMBANGAN SISWA DAN GURU SD PL TARSISIUS TAHUN 1998-2004
Sejak tahun pelajaran 1998/1999 2000/2001 SD PL Tarsisius menempati dua lokasi dengan maksud, siswa di lokasi lama didampingi sampai selesai atau lulus semua sedangkan di lokasi baru mulal dengan kelas 1.


STATUS SEKOLAH
SD PL Tarsisius di lokasi yang lama telah pernah diakreditasi. Sebagai sekolah swasta yang didirikan di lokasi baru, maka perlu diakreditasi, untuk menentukan status sekolah. Pada tahun pelajaran 2000/2001 Dinas Pendidikan Kota Semarang melakukan akreditasi terhadap SD PL Tarsisius untuk yang pertama.
Hasil akreditasi mendapat status : Diakui dengan nomor Surat Keputusan : 372/I03.53/DS/2001 tertanggal 23 Februari 2001.
Status hasil akreditasi berlaku untuk 5 tahun.


VISI MISI DAN TUJUAN SD PL TARSISIUS

VISI SD PL TARSISIUS
Diilhami nilai nilai Kristiani dan semangat pendiri FIC, seluruh Civitas TK/SD PL Tarsisius merupakan komunitas iman yang menekankan persaudaraan sejati, kemitraan, menanggung karya perutusan, mengembangkan komunikasi dan keterbukaan, memihak yang lemah, mendampingi peserta didik agar menjadi manusia cerdas, kreatif, trampil yang beriman, dan berbudi pekerti luhur.


MISI SD PL TARSISIUS

  1. Mengembangkan dan menghidupkan unit kerja sebagai komunitas iman yang membangun persaudaraan sejati.
  2. Mengembangkan sifat kepemimpinan dengan mengupayakan dan mengutamakan pola kemitraan dalam mencapai suatu tujuan.
  3. Menangani karya kerasulan pendidikan secara profesional, realistis, kritis dan kontekstual.
  4. Mengembangkan solidaritas dan meningkatkan komunikasi dalam unit kerja, komite maupun dinas terkait untuk memperhatikan mereka yang lemah dan miskin.
  5. Mengupayakan pendampingan peserta didik untuk berkembang menjadi manusia yang cerdas, kreatif, trampil, beriman dan berbudi pekerti luhur dengan terlaksananya pendidikan yang berkualitas tinggi.
  6. Mendampingi peserta didik yang mempunyai kelebihan dan kekurangan secara khusus supaya berkembang maksimal.
  7. Mengupayakan pendampingan kepada peserta didik yang beragama Katolik dalam mengembangkan imannya untul hidup menggereja.



TUJUAN SD PL TARSISIUS
Mewartakan Kabar Gembira kepada seluruh peserta didik sehingga menjadi anak yang bertanggungjawab terhadap diri sendiri dan sesama.



ALAMAT SEKOLAH
SD Pangudi Luhur Tarsisius, A. Muktiharjo Dalam Nomor 4, Kel. Muktiharjo Kidul, Kec. Pedurungan, Semarang.
Telpon. (024) 6593774 Kode Pos. 50197






^:^ : IP 54.144.21.195 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2017  http://www.pangudiluhur.org/