YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Senin, 25 September 2017  - 5 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 



PROFIL
SMP PANGUDI LUHUR BORO

LATAR BELAKANG BERDIRINYA SMP BRUDERAN BARA
Yayasan Pangudi Luhur Boro berdiri 6 Oktober 1954. Secara khusus SMP Bruderan Bara didirikan oleh Br. Otto de Bruins pada tanggal 1 Agustus 1955. Dalam catatan sejarah perjalanan SMP bahwasannya pembubaran SMP amat disesalkan di Bara, hal ini dibuktikan dengan suatu fakta bahwa SMP itu hidup kembali, sehingga ada usaha perjuangan untuk dihidupkan lagi dalam tahun 1955. Pemrakarsa dan perintisnya " pioner " di bawah pimpinan Br. Otto de Bruins. Bahwa Dewan Misi bahkan rela mengkhususkan keuangan untuk mendirikan gedung baru untuk SMP Bruderan Bara.


Secara geograsis di daerah Bara memang dipandang sebagai tempat yang subur dan cocok untuk persemaian atau penanaman benih iman dengan kondisi daerah miskin, pola hidup sederhana dan hati yang tulus. Namun dalam pengembangan pembinaan, pengajaran dan pendidikan mengakui bahwa SMP Bruderan Bara menjadi salah satu SMP yang terbaik di Kulon Progo. Minat dari masyarakat khususnya calon murid sungguh bersemangat untuk masuk SMP Bruderan Bara. Sebab SMP lah yang dianggap menjamin hari depan gemilang pada masa itu. Bahkan perkembangan murid sungguh membanggakan dalam tahun 1955 ada 34 murid dan sampai hari ini rata - rata ada 200 siswa. Kemungkinan lagi bagi anak-anak daerah minus untuk maju satu langkah.


Tahun pertama ( 1955 ) kelas masih bergabung dengan Sekolah Tenun ( ST ) tempat Br. Yosue. Baru pada tahun ke dua dapat menempati gedung yang baru. Bruder Otto de Bruins sebagai Kepala Sekolah mengajar berbagai bidang studi antara lain : Aljabar, Ilmu Ukur, Ilmu Alam, Olah Raga, Agama dan Menggambar. Selama kurun waktu 20 tahun sejak berdiri ( 1 Agustus 1955 ) SMP Bruderan Kepala Sekolah selalu dipegang oleh seorang Bruder antara lain :

  1. Br. Otto Bruins Tahun 1955 -1959
  2. Br. Guntram  Tahun 1959 -1962
  3. Br. Heraclius Tahun 1962 - 1965
  4. Br. Landoald Tahun 1965 - 1967
  5. Br. Aretas Tahun 1967 -1970
  6. Br. Aloysio Tahun 1970 -1976

Setelah masa kepemimpinan kepala sekolah Br.Aloysio oleh Yayasan Pangudi Luhur dipercayakan kepada awam yaitu :

  1. Bapak Sumidjan, Tahun 1976 - 1997
  2. Bapak FA.Kasimun, BA. Tahun 1997 - sekarang

Mulai tahun 1997 dari Direktorat Sekolah Swasta mulai dicanangkan adanya MPMBS ( Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah ). Maka pada tahun ajaran 2001/2002 SMP Pangudi Luhur Bara ditunjuk oleh Kantor Departemen Pendidikan Kabupaten menjadi salah satu Sekolah perintis MPMBS. Penekanan MPMBS meliputi komponen integrated antara lain : Siswa - Guru - Orang Tua Siswa - Masyarakat dan Alumni.


DASAR DAN SEMANGAT SMP PANGUDI LUHUR BARA
Dasar SMP Pangudi Luhur Bara adalah Pancasila dan UUD 1945. Semangat SMP Pangudi Luhur Bara adalah Iman - Harapan dan Kasih serta Nilai - nilai Kristiani dengan mengutamakan kepada mereka yang MISKIN - LEMAH dan BERKEKURANGAN.


DASAR FILOSOFI
Kita terutama membaktikan diri kepada karya Pendidikan dan Pembinaan Kristiani yang dipusatkan pada keutuhan pribadi manusia. B. Kita terutama membaktikan diri kepada karya Pendidikan dan Pengajaran serta Pembinaan Kristiani      dengan mengembangkan kemampuan konseptual umum sehingga mampu menerapkan konsep yang sama. C. Kita terutama membaktikan diri kepada karya Pendidikan dan Pengajaran serta Pembinaan Kristiani   untuk memberikan perhatian istimewa kepada kaum miskin dan yang berkekurangan untuk menjadi pribadi manusia yang merdeka hati, pikiran.


VISI-MISI DAN TUJUAN YAYASAN PANGUDI LUHUR
Dengan diilhami nilai - nilai Kristiani, semangat dasar Pendiri FIC, seluruh personel Yayasan Pangudi Luhur merupakan Komunitas Iman yang menekankan persaudaraan sejati, kemitraan, menanggung perutusan karya bersama, komunikasi dan option for the poor, bertekad bersama pihak - pihak terkait / stakeholders / petaruh baik secara intern maupun ekstern untuk semakin profesional dan antisipatif, dalam mendampingi peserta didik, agar mereka berkembang menjadi seorang Pribadi yang berkualitas tinggi, berwatak dan berbudi pekerti luhur.


VISI SMP PANGUDI LUHUR BARA
Visi SMP Pangudi Luhur Bara adalah Mewujudkan iman - harapan dan kasih serta nilai - nilai kristiani melalui kekeluargaan, persaudaraan sejati, pendidikan, pengajaran dan pembinaan HIDUP SEDERHANA DAN HATI YANG TULUS serta mengutamakan perhatian secara intensif kepada yang lemah - miskin dan berkekurangan. Berupaya membantu perkembangan dan pertumbuhan kepada kaum muda menjadi pribadi manusia secara utuh.


MISI SMP PANGUDI LUHUR BARA
Misi SMP Pangudi Luhur Bara adalah Spiritualitas Evangelisasi Baru dalam suasana kekeluargaan, paguyuban dengan semangat kreatif dan proaktif untuk mendampingi kaum muda supaya memiliki atau memperoleh keunggulan religiusitas, humanitas, sosialitas dan intelektualitas yang dipadukan melalui pendidikan, pengajaran dan pembinaan secara serasi - selaras dan seimbang. Pencapaiannya dengan proses pembentukan suasana kekeluargaan -persaudaraan antara pihak sekolah - orangtua - siswa dan alumni dan masyarakat sekitar.


TUJUAN SMP PANGUDI LUHUR BARA
Tujuan institusional adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa/peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi menuju pada pribadi yang beriman, bertakwa, bermoral, bernalar, bermutu, berjiwa merdeka dan demokratis dalam praktik kehidupan menggereja, berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.


POLA INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR
SMP Pangudi Luhur Bara - Kalibawang menerapkan dan memadukan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Tujuan Pendidikan Nasional, Sekolah Katolik dan Yayasan Pangudi Luhur selaras dengan Garis Kebijakan Kapitel Provinsi Indonesia 2000 tentang Karya Kerasulan Pendidikan Yayasan Pangudi Luhur. Secara konkret SMP Pangudi Luhur Bara mengacu pada pertumbuhan dan perkembangan menjadi manusia secara utuh supaya berbuah melimpah. Sehingga komunitas SMP Pangudi Luhur Bara menciptakan dan mengelola sebagai pendidikan partisipatif dan dialogis. Wacana pendidikan yang partisipatif dan dialogis memuat aneka daya nilai melibatkan secara proaktif dan demokratis. Makna aneka daya nilai saling mencintai, saling melayani, saling toleransi, saling menyapa, saling menghortnati dan menjunjung derajat - harkat dan martabat manusia secara utuh. Berkreasi untuk pengembangan pembelajaran multi intellegences.

Karakteristik yang hendak diwujudkan dalam pola interaksi belajar mengajar

  1. Posisi guru sebagai guru, pendidik, mediator, fasilitator
  2. Dalam suasana komunitas iman dan persaudaraan sejati maka guru bersikap penuh kebapakan dan keibuan terhadap subyek didik.
  3. Posisi siswa sebagai subyeh didik, pusat pelayanan.
  4. Publik figur pribadi guru hendaknya menampakkan kewibawaan, kedewasaan, kematangan  berpikir,  berperasaan  dan  berusaha  mengembangkan  potensi


Metode dan strategi pendampingan yang dapat diterapkan antara lain :

  1. Pendampingan individual pada peserta didik atau subyek didik.
  2. Pendampingan klasikal untuk melayani semua siswa dari kelas I sampai kelas III.
  3. Pembentukan dan pengkaderan Tim Sukses untuk mendampingi siswa yang memiliki potensi khusus dan standar rata-rata.
  4. Penyelarasan  dengan  perkembangan  zaman,   keimanan,   kebudayaan   yang kontektual.



PEMBAGIAN TUGAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
a.   Keadaan Jumlah Siswa
Siswa kelas 1  69 Siswa, kelas II 87 Siswa, kelas III 62 Dibagi dalam 6 kelas ( Kelas AB )

b.   Keadaan Jumlah Tenaga Pendidik
Guru Tetap    13 orang
Guru Tidak Tetap    3 orang

  • Tenaga Administrasi    1 orang
  • Tenaga Pustakawan    1 orang
  • Tenaga Jaga Malam    1 orang
  • Tenaga Pelaksana    1 orang

DPK   7 orang
GTY   8 orang
GTT   2 orang
Karyawan 3 orang

ALAMAT SEKOLAH
SMP Pangudi Luhur Boro, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta.






^:^ : IP 54.144.21.195 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2017  http://www.pangudiluhur.org/