YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Rabu, 17 September 2014  - 2 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 



PROFIL
SMP PANGUDI LUHUR CAWAS

SEJARAH SINGKAT


Sekolah ini SMP Pangudi Luhur Cawas, pada mulanya bernama SMP SANTO YUSUP CAWAS. Nama ini diberikan sesuai keputusan Panitia Pendirinya yang terdiri dari tokoh-tokoh Umat Katolik Cawas yang ingin memenuhi keinginan yang sangat kuat dari masyarakat untuk mencukupi kebutuhan belajar anak-anak Cawas. Tokoh-tokoh umat Katolik tersebut adalah :

  1. Bapak A. Darsowiharjo
  2. Bapak Y. Darmasewaya
  3. Bapak L. Hardjowiyono
  4. Bapak M. Sudomo
  5. Bapak F. Sutanto


Beliau ini adalah tokoh penggerak umat yang kebetulan berpredikat “Guru Katolik”. Yang dengan semangat tinggi seperti para rasul meluaskan Kerajaan Allah di masyarakat Cawas yang waktu itu jumlah umat Katolik dapat dihitung dengan jari. Umat Katolik Cawas masuk wilayah gembalaan Paroki Maria Assumpta Klaten.


Didirikannya sekolah ini semula didorong oleh keinginan sekelompok orang untuk membantu masyarakat dan Negara, khususnya masyawarakat Cawas dalam mengatasi kesulitan mendapatkan sekolah lanjutan dan mampu menampung tamatan SR yang tidak tertampung di SMP Negeri. Di samping itu terdorong pula keinginan untuk membantu masyarakat dan negara dalam usaha mencerdaskan bangsa.


Rapat Panitia Pendiri yang berlangsung tanggal 19 Maret 1960 memutuskan beberapa butir keputusan yang sangat penting :

  1. Mendirikan SMP swasta di Cawas dengan Pelindung ST. YOSEPH.
  2. Sekolah bercirikan khusus : KATOLIK.
  3. Sekolah dibuka mulai tahun Ajaran Baru 1960, menerima kelas I baru.
  4. Kegiatan Belajar Mengajar : Sore hari.
  5. Tempat : SR Negeri Cawas II ( pinjam )
  6. Guru / Pengajar : Bapak F. Suparman ( ditunjuk sebagai Kepala Sekolah ), Bapak Ch. Marwoto sebagai staf guru, Bapak F. Budiono sebagai staf guru.


Tahun berikutnya sekolah makin berkembang. Tahun pelajaran kedua 1961 tertampung 2 kelas. Tahun-tahun berikutnya Gedung SR Cawas sebagai pinjaman itu, tak mampu menampung siswa yang masuk. Panitia pendiri memutuskan meminjam rumah-rumah warga (umat). Sekolah terpaksa berpindah-pindah tempat belajarnya.
Sekolah pernah menempati rumah keluarga :

  1. Bapak Atmo - Jagalan
  2. Bapak F. Sutanto - Tanon
  3. Bapak Harjowiyono - Bandar Rejo


Pada tahun 1963 SMP ST. YUSUP CAWAS untuk pertama kali mengikuti Ujian Negara bagi kelas III, hasilnya sangat memuaskan, tidak kalah dengan hasil dari SMP Negeri.


Akibatnya yang mendaftarkan sebagai murid baru semakin banyak. Jumlah murid semakin besar. Sekolah semakin diminati masyarakat, tak hanya masyarakat Cawas saja, bahkan sampai daerah Kabupaten Sukoharjo dan Gunung Kidul banyak yang masuk sekolah ini.


Terdorong oleh makin besarnya jumlah siswa yang ada, Panitia Pendiri merencanakan untuk mendapatkan tanah dan membangun Gedung Sekolah sendiri. Untuk mendapatkan dana dan tanah mulai dengan penuh semangat dan kerja keras. Akhirnya dengan dukungan penuh dari masyarakat pada tahun 1965 Panitia Pendiri berhasil mendapatkan (dengan membeli) tanah seluas 300 m2 di kampung Jagalan pinggir jalan besar yang cukup strategis. Dengan modal tekad yang besar dan dalam berkat Allah, pembangunan Gedung Sekolah dimulai pada tahun 1965 dan selesai taun 1969. Selama 4 tahun Panitia kerja keras mewujudkan cita-citanya untuk memilki gedung sendiri.


Agar langkah SMP ST. YUSUP semakin mantab dan pasti, maka atas persetujuan semua pihak Panitia berusaha mencari Yayasan Pendidikan yang dipandang mampu dan mau menaungi sekolah ini. Yayasan Kanisius yang waktu itu diketuai oleh Romo G. Van Delf SJ, berkenan menaungi SMP ST YUSUP Cawas. Dengan SK Yayasan Kanisius Pusat Semarang, pada tanggal 3 Maret 1969 SMP ST.YUSUP diganti namanya menjadi SMP SANJAYA dan urusan ekstern diurus oleh Yayasan Kanisius.


Tahun-tahun berikutnya perkembangan SMP SANJAYA semakin baik, jumlah siswas semakin banyak. Jumlah siswa baru dari tahun ket tahun selalu melebihi daya tampung. Yayasan Kanisius merasa semakin berat dalam menaungi SMP SANJAYA. Panitia Pendiri bersama Yayasan Kanisius dan didukung masyarakat berusaha mencari peling sekolah yang mampu menangani semua urusan persekolahan, intern maupun ekstern.


Akhirnya di awal tahun ajaran 1979 – 1980, pada tanggal 1 Juni 1979 atas kesepakatan semua pihak SMP SANJAYA diterima masuk dalam naungan Yayasan Pangudi Luhur, dan menjadi SMP PANGUDI LUHUR CAWAS. Ketua Yayasan Pangudi Luhur waktu itu adalah Br. ANTHERUS FIC. Kepala Sekolah SMP Sanjaya waktu itu dijabat oleh Bapak Al. Sunarto. Dalam usaha membina dan mengembangkan sekolah ini Yayasan Pangudi Luhur berusaha meningkatkan tenaga edukatifnya dengan merekrut guru yang ada dan mengangkat guru tetatp Yayasan yaitu Bapak R. Purwanto dan bapak Al Sunarto pada tahun 1979.

Tahun-tahun berikutnya Yayasan Pangudi Lugur berusaha membangun Gedung Sekolah yang baru. Atas bantuan semua pihak akhirnya diperoleh tanah di Dk. Brangkal Barepan Cawas tempat sekarang ini bangunan Gedung Sekolah berada.


Pembangunan gedung segera dimulai dan akhirnya berhasil terbangun Gedung Sekolah yang berdiri megah sampai sekarang. Gedung baru tersebut diresmikan penggunaannya oleh Yayasan Pangudi Lugur pada tanggal 1 April tahun 1989, prasasti ditanda tangani oleh Bruder Provinsial Br. Redemptus FIC. Pengembangan SDM untuk menunjang perkembangan sekolah terus dilakukan. Guru dan karyawan tetap dilengkapi secara bertahap. Penataran, kursus-kursus dan tugas belajar selalu diikuti oleh guru dan karyawan yang ada.



STATUS SEKOLAH
Sebagai sekolah swasta SMP Pangudi Luhur Cawas termasuk dalam komunitas Pendidikan yang dikelola Yayasan Pangudi Luhur yang tersebar di persada nusantara antara lain : Jakarta, Semarang, Salatiga, Ambarawa, Surakarta, Klaten, Muntilan, Sukaraja (Sumatera), Ketapang (Kalimantan), Irian Jaya, dll.


Adapun Status Sekolah SMP Pangudi Luhur Cawas sebagai berikut :

  • 1960 – 1985    status : Terdaftar
  • 1985 – 1990    status : Diakui
  • 1990 – sekarang  status : Disamakan


Kepala Sekolah yang pernah berkarya di Sekolah ini :
1960 – 1962 : Bapak F. Suparlan
1962 – 1963 : Bapak V. Suraji
1963 – 1965 : Ibu Ch. Suparti
1965 - 1965 : Bapak A. Dikan
1965 – 1966 : Bapak HY. Sehana
1967 – 1971 : Bapak L. Sananto
1971 – 1972 : Bapak Y.B. Purwanto
1972 – 1974 : Bapak A.F. Sunardi
1974 – 1979 : Bapak Al. Sunarto
1979 – 1990 : Bapak R. Purwanto
1990 – 1998 : St. Ragima
1998 -    : Bapak A. Gijatno


VISI MISI DAN TUJUAN SMP PL CAWAS

VISI SMP PL CAWAS
Visi SMP Pangudi Luhur Cawas adalah : “Semangat Kerajaan Allah yang berintikan Keselamatan bagi semua orang, terutama yang menderita dan terlupakan” yang diharapkan menjadi kenyataan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semangat tersebut diharapkan merasuki seluruh demensi kehidupan, berusaha mewujudkannya dengan sikap terbuka untuk bekerja sama dengan semua saudara yang berkehendak baik.


MISI SMP PL CAWAS
Misi SMP Pangudi Luhur Cawas adalah mendampingi kaum muda dengan mendahulukan yang kecil, lemah dan tersingkir, melalui pendidikan sekolah. Melaksanakan proses pendidikan yang memadukan unsur-unsur pendidikan formal, informal dan non formal, yang mencakup segi-segi : religiositas, humanitas, sosialitas dan intelektualitas. Pencapaiannya dilakukan dengan cara yang luwes dalam suasana kekeluargaan dan persaudaraan sejati yang saling asah, asih dan asuh.


TUJUAN SMP PL CAWAS
Tujuan Pendidikan SMP Pangudi Luhur Cawas dijiwai oleh semangat Pangudi Luhur disemangati oleh visi dan misi sekolah dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional yang bernafaskan Semangat Yesus Kristus di bawah perlindungan Bunda Maria dan St. Yoseph.

  1. Mendampingi peserta didik (kaum muda) agar mampu mengembangkan potensi potensi secara optimal dalam perluasan dan peningkatan kemampuan dasar, pengetahuan, keterampilan dasar, sikap dan nilai-nilai hidup yang diperlukan untuk siap melanjutkan pendidikan ke pendidikan menengah. Diatasnya (SMA/SMK) maupun hidup di tengah masyarakat.
  2. Mendampingi peserta didik (kaum muda) agar mampu terus menerus mengembangkan diri, sehingga pada waktunya dapat menjadi manusia yang utuh dan berguna demi kemajuan masyarakat, bangsa negara dan Gereja.


KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1. Kegiatan Belajar Mengajar:

a. Pagi Hari
Senin, Selasa, Rabu : 8 jam pelajaran /hari
Kamis dan Sabtu    : 7 jam pelajaran /hari
Jum’at    : 5 jam pelajaran /hari
Jam 6,7 untuk pembinaan iman siswa kristiani dan guru.

b. Siang Hari
Selasa s/d Jum’at : 14.00 – 16.30 pelajaran tambahan untuk kelas I, II, III.


2.Ekstra Kurikuler
Sabtu : 15.00 – 17.00 kegiatan pramuka
Sabtu : 15.00 – 16.30 musik : organ


3. Kegiatan keagamaan

  • Misa sekolah : 2 bulan 1 kali
  • Rekoleksi kelas III
  • APP / Ibadat Adven
  • Pentas Natal




PRESTASI / KEJUARAAN YANG DICAPAI

I. AKADEMIK

  • Lomba Mapel Matematika : Piala Juara II tingkat kabupaten ( 2002 )
  • Lomba Mapel B. Indonesia : Piala Juara II tingkat kabupaten ( 2002 )


II. Olah Raga / Seni

  1. Karaoke : Piala Juara I Kab.Klaten : Pesta Perak SMK Leonardo
  2. Sepak Bola : Piala Juara I Kab. Klaten : Pesta Perak SMK Leonardo
  3. Karnaval HUT RI : Piala Juara Harapan II dan Juara III
  4. Gerak Jalan HUT RI : Piala Juara II 3 kali ( 3 piala ), Piala Juara III 4 kali ( 4 piala )


III. Pramuka

  1. Persami Kwaran : Juara Umum Piala Tetap (satu piala)
  2. Persabhara : Piala Juara II Pa, Pi (6 piala )
  3. Persabhara : Piala Juara III pa, pi ( 2 piala )
  4. Perkemahan YPL Jateng : Piala juara II pi ( 1 piala )

Sertifikat / piagam : 6 buah.


ALAMAT SEKOLAH
SMP Pangudi Luhur Cawas,  Dk. Brangkal Barepan Cawas, Klaten.






^:^ : IP 54.89.233.81 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2014  http://www.pangudiluhur.org/