YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Sabtu, 25 November 2017  - 4 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 



PROFIL
SMP PANGUDI LUHUR GIRIWOYO

SEJARAH SINGKAT

Pada Tahun 1965 Khususnya di Stasi Danan Kec. Giriwoyo belum ada SMP sehingga anak - anak tamatan SD terutama SD Kanisius banyak yang Drop Out karena jauhnya lokasi SMP yaitu di Baturetno dan di Giritontro. Maka atas prakarsa dari Guru - Guru Kanisius dan Guru Negeri yang yang beragama Katolik bersama dengan Dewan Stasi Danan sepakat mendirikan SMP, maka tahun itu juga Umat di Stasi Danan dibantu dengan Guru - Kanisius maupun Guru SD Negeri yang beragama Katolik berdirilah sebuah SMP yang pada waktu itu dinamakan SMP PANCASILA, yang menempati Gedung SD Kanisius Serenan I dengan masuk siang.


Karena belum mempunyai Gedung sendiri juga dan Guru - gurunya juga Guru SD alasan menggunakan nama Pancasila karena siswa yang masuk di SMP tersebut semata - mata bukan hanya orang - orang yang beragama Katolik melainkan dari berbagai macam Agama. Kegiatan belajar mengajar dari tahun ke tahun makin bertambah siswanya dari 1 kelas menjadi 6 kelas, nama SMP PANCASILA dari tahun 1965 - 1978 dengan Kepala Sekolah Bp. P. Suhirman (Guru Agama Katolik SMP Negeri Giritontro).


Pada Tahun 1978 Pemerintah menghendaki Sekolah harus bernaung pada salah suatu Yayasan, maka pada tahun itu juga SMP PANCASILA mohon kepada Yayasan Sanjaya yang berpusat di Semarang untuk ikut bergabung pada yayasan tersebut yang diketuai oleh Rm Ign Sunaryo SJ, maka SMP Pancasila akan berganti nama SMP SANJAYA dengan status Akreditasi Diakui dengan Kepala Sekolah Bp. Ty. Murkimanto, BA (Guru SD N Sirnoboyo I) dengan jumlah siswa 6 kelas s.d tahun 1986 di ampu oleh 1 Guru DPK, 25 Guru Honorer, 2 orang TU, 1 Penjaga.


Pada tahun 1985 Gereja Stasi Danan akan dipugar padahal tanah masih dipakai untuk SMP maka romo J.Stormmesand SJ mengadakan pembicaraan kepada Pengurus Yayasan Pangudi luhur mohon SMP Sanjaya Giriwoyo bisa bergabung. Atas permintaan dari Romo Stasi Danan (Rm. J. Storemmesan SJ) dan didukung oleh umat stasi Danan SMP Sanjaya tersebut bisa diterima menjadi satu Yayasan Pangudi Luhur maka sejak tahun 1986 / 1987 SMP Sanjaya berubah Nama menjadi SMP PANGUDI LUHUR GIRIWOYO dan menempati Gedung yang baru di pimpin Bp. TY.Murkimanto,BA dengan jumlah 6 kelas, jumlah siswa 282 diampu oleh 7 Guru Yayasan, 1 Guru DPK, 2 guru Honorer, 2 orang TU, 1 orang Petugas Perpustakaan, 2 orang Penjaga.


Tahun 1990 Pergantian Kepala Sekolah dari Bp. Ty. Murkimnanto, BA diganti Oleh Br. Frans. Mubiratna FIC (Almr) terdapat peningkatan jumlah siswa yang semula 6 kelas menjadi 9 kelas sehingga ada siswa yang harus masuk siang berjalan ± selama satu tahun pelajaran siswa sudah bisa masuk pagi semua karena sudah ada penambahan lokal.


Tahun 1994 Kepala Sekolah dari Br. Frans. Mubiratno FIC diganti Oleh Br. Ig. Purwono FIC s.d Juli 1992
Tahun pelajaran 1992 / 1993 Pergantian Kepala Sekolah dari Br. Ign. Purwana.FIC diganti Oleh Bp. Y. Suryatno s.d Juli 2002.
Tahun 2002 / 2003 Pergantian Kepala Sekolah dari Bp. Y. Suryatno di ganti Br. Frans. Kasiyo. FIC sampai sekarang, pada tahun itu juga jumlah siswa mulai ada peningkatan tambah satu kelas sampai sekarang menjadi 7 kelas dengan jumlah siswa 283.



VISI, MISI, DAN TUJUAN SMP PL GIRIWOYO

VISI SMP PL GIRIWOYO
Visi SMP Pangudi Luhur Giriwoyo adalah semangat Yesus Kristus dalam melayani orang lain dan diperjelas dalam melayani anak - anak didik terutama mereka yang miskin dan terlupakan. Dengan pelayanan ini kami berharap agar mereka dapat berkembang dengan sebaik - baiknya sesuai dengan tingkat perkembangan mereka.


MISI SMP PL GIRIWOYO
Misi SMP Pangudi Luhur Giriwoyo adalah mendampingi kaum muda remaja dengan mendahulukan yang miskin dan terlupakan agar mereka dapat berkembang secara utuh dan memperoleh keunggulan keharmonisan dalam intelektualitas, humanitas dan religiositas.


TUJUAN SMP PL GIRIWOYO
Tujuannya dapat memenuhi harapan Gereja yang dapat mendampingi para remaja yang sedang tumbuh dan berkembang sehingga dapat menanamkan nilai -nilai Kristiani.



KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Kegiatan Intrakurikuler mulai pukul 07.00, sedangkan Kegiatan Ekstrakurikuler dilaksanakan pada siang hari adapun jenisnya, yaitu Pramuka, Volley, Majalah Dinding, Koor, Seni Tari, Koperasi.


FASILITAS SEKOLAH

  1. Ruang belajar yang memadai
  2. LaboratoriumIPA
  3. Perpustakaan
  4. Koperasi
  5. Kantin



INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU
Dalam tahun pelajran 2003 / 2004 ini mulai ada peningkatan jumlah siwa baru yang semula berkisar 80 - 90 siswa yang masuk sekarang menjadi 100  lebih. Untuk mempertahankan penambahan siswa yang masuk tersebut kami mengadakan kegiatan -kegiatan:

  1. Aksi sosial  dengan mengadakan Pasar murah di desa - desa  sekitar SMP Pangudi Luhur Giriwoyo.
  2. Promosi ke SD - SD dilaksanakan pada bulan Mei atau sebelum siswa Ujian Negara
  3. Promosi kepada calon siswa baru yang masuk menjadi siswa diberi buku tulis
  4. Pendekatan kepada Orang - orang atau masyarakat di lingkungan SMP Pangudi Luhur dengan cara : Home Visit, Jagong, Layat dll
  5. Kerjasama dengan POMG / Orang Tua siswa yang bertempat tinggal di desa - desa sekitar dan setiap tahun kader tersebut di beri hadiah ala kadarnya.



GURU DAN KARYAWAN

  1. Guru Tetap Yayasan  8 orang
  2. Guru PNS Dipekerjakan ( DPK) 2 orang
  3. Staf Tata Usaha 2 orang
  4. Petugas Pelaksana,Pesuruh,penjaga 3 orang



ALAMAT SEKOLAH
SMP Pangudi Luhur Giriwoyo, Danan, Sendangagung, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri Kode Pos 57675






^:^ : IP 54.158.214.111 : 1 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2017  http://www.pangudiluhur.org/