YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
Yayasan Pangudi Luhur - Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang 50244 Indonesia  Telp.(024)8314004-8317806 Fax(024)8317806
Sabtu, 25 November 2017  - 4 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMI 



PROFIL
SMP PANGUDI LUHUR SUKARAJA

SEJARAH SINGKAT

Gagasan ide awal dari ide Bapak HY. Sutedjo.(Katekis Stasi Sukaraja). Gagasan itu pertama kali muncul tahun 1977 dan dicetuskan pada Pastur Adi Suwarno dan disetujui. Hal serupa juga diusulkan pada  delegates pendidikan keuskupan Palembang (Waktu Pastor Wistent). Sewaktu ada pertemuan gereja Trinitas bangunsari, tetapi mendapat tanggapan yang kurang memuaskan, dengan alasan biayanya sangat besar. Yang terjadi adalah pendirian SMP Charitas oleh gereja Trinitas Bangusrari. (sekarang menjadi SMP Xaverius, Tegalsari – BK IV, yang dikelola oleh para Suster Charitas).


Melihat hal itu  Bapak HY. Sutedja tetap ingin mendirikan sekolah Xaverius Cabang Sukaraja,namun tidak mendapat dukungan atau persetujuan.


Setelah berulang kali, mengusulkan dan gagal maka Bp. HY. Sutejo mengutarakan pertemuan pada IKK (Ikatan Karyawan Katolik) di stasi Sukaraja, anggota adalah guru-guru SD Inpres yang beragama katolik (10 orang) dengan prinsip yang terpenting memiliki sekolah Katolik dan tenaga pengajarnya mengutamakan dari Sukaraja. Itulah menjadi kespekatan IKK Sukaraja.


Br. Sutiarso, FIC dan Bruder Tomas, FIC meninjau Sukaraja dan melihat lokasi, dalam pembicaraan dengan bruder-bruder, Bp. Sutedjo disarankan mecari tanah yang lebih luas, belum berhasil Bruder Sutiarso sudah pindah ke jawa dan digantikan oleh Br. Nicolas Budiardjo, FIC. Kemudian bapak Sutedjo merunding sawah Bp. Wagiran sebelah timur Bruderan sekarang, tetapi harus dibeli tanah pekarangan  1/8 hektar yang sekarang lokasi bangunan bruderan, milik orang Komering yaitu bapak Darwis.


Kerena tanah Bp. Wagiran tidak diijinkan oleh istrinya, maka Bp. Sutedjo menghubungi Bp. Tubiran  dan disetujui sekarang tanah itu menjadi lokasi SMP dan SMU Pangudi Luhur.
Setelah persiapan lokasi dan sosialisi melalui APP 1988 sudah matang Br. Thomas mempersiapkan tentang perijinan pada berbagai pihak, dengan catatan yayasan Xaveriius hanya membuat proposal dan pendanaannya ke YPL Pusat Semarang.
Setelah surat perijinan keluar dibawa ke Baturaja untuk mendapat persetujuan Kepala SMP Xaverius dilanjutkan pada Bp. Camat,  Sobri Daud, BA.


Pada tahun pertama menerima 31 anak dengan kegiatan belajar mengajar di rumah Bapak Kadeni (Alm.) selama 8 bulan sambil menunggu bangunan gedung baru yang belum selesai.


VISI-MISI SMP PANGUDI LUHUR SUKARAJA

VISI SMP PANGUDI LUHUR SUKARAJA
SMP Pangudi Luhur Sukaraja merupakan lembaga pendidikan yang dilandasi iman mendampingi kaum muda menjadi manusia yang berkualitas tinggi baik aspek intelektual, keterampilan, spiritualitas, social dan ditandai adanya ersaudaraan sejati.


MISI SMP PANGUDI LUHUR SUKARAJA

  1. Bekerja sama dengan semua komponen terkait
  2. Melaksanakan KBM dengan efektif
  3. Meningkatkan profesionalitas guru dan karyawan
  4. Mengembangkan iman, budi pekerti, kedisiplinan, dan keterampilan
  5. Menciptakan persaudaraan sejati



SASARAN SMP PANGUDI LUHUR SUKARAJA

  1. Adanya  kerjasama dengan orang tua, siswa, pejabat dinas pendidikan dan pejabat pemertintah setempat
  2. KBM berjalan efektif memenuhi standar minimal hari efektif kalender  pedidikan
  3. Adanya pembinaan profesionalitas bagi guru dan karyawan
  4. Adanya pembinaan iman, budi pekerti, kedisiplinan, dan keterampilan bagi para siswa, guru dan karyawan
  5. Adanya persaudaraan sejati



FASILITAS SEKOLAH

  1. Gedung permanent milik sendiri
  2. Perpustakaan Sekolah
  3. Laboratorium IPA
  4. Ruang keterampilan menjahit dan mengetik
  5. Gedung serba guna



ALAMAT SEKOLAH
SMP Pangudi Luhur Sukaraja, Buay Madang, OKU, Sumatera Selatan 32161.






^:^ : IP 54.158.214.111 : 1 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR PUSAT
 © 2017  http://www.pangudiluhur.org/