SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN

SEJARAH SINGKAT

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pangudi Luhur Muntilan didirikan pada tahun 1975 sebagai alih fungsi dari Sekolah Teknik dan setelah memperoleh status akreditasi DISAMAKAN sejak tahun 1980. SMK Pangudi Luhur mengemban visi untuk menghasilkan sumber daya manusia profesonal dan mandiri yang berdirikan nilai-nilai Kristiani.Lulusannya diharapkan menjadi sumber daya manusia yang siap pakai dengan bekal keterampilan, profesionalisme, kreativitas, dan inovasi.

Sebagai lembaga pendidikan unggul SMK Pangudi Luhur senantiasa memacu prestasi dan menjaga reputasi. Lebih dari 3000 alumnus kini berkarya diberbagai cabang industri diseluruh tanah air.Stat pengajar yang bepengalaman dan sarana penunjang yang lengkap merupakan keunggulan yang mendukung keberhasilan lembaga kami dalam mendampingi peserta didik agar mampu mengembangkan potensi mereka secara optimal. Berbagai prestasi dan penghargaan telah dicapai oleh para siswa dalam berbagai lomba bidang studi di tingkat propinsi Jawa tengah maupun untuk bidang olah raga ditingkat kabupaten.

Komitmen SMK Pangudi Luhur terhadap kualitas penyelenggaraan pendidikan diwujudkan melalui penamaan nilai-nilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap keteladanan kepada peserta didik agar siap memasuki dunia kerja dan terbuka melanjutkan ke perguruan tinggi. Kemitraan dengan strategis yang dilaksanakan guna mengembangkan program-program keahlian yang ada bagi masyarakat.

SMK Pangudi Luhur juga merupakan lembaga penyelenggara pelatihan, jasa produksi, dan konsultasi dalam bidang teknik perkayuan dan teknik mesin perkakas. Hingga kini hasil karya unit produksi kami telah mampu melayani pesanan regional dalam kedua bidang tersebut.

SMK Pangudi Luhur merupakan salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan unggulan di Jawa Tengah yang terpilih untuk bergabung kerjasama Indonesian-German Institute (IGI). Program ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pendidikan dan pelatihan industri di daerah guna memberikan kesempatan pendidikan keterampilan kepada kelompok masyarakat miskin serta mendukung kemajuan industri local.

PROGRAM PENDIDIKAN

SMK Pangudi Luhur menyelenggarakan tiga program keahlian :

Teknik Bangunan

Program keahlian Teknik Bangunan berkapasitas satu kelas yang terdiri dari 34 siswa. Titik berat dari program ini adalah :

  • Pengerjaan kusen pintu dan jendela
  • Pengerjaan daun pintu dan jendela
  • Pengerjaan berbagai perabot rumah tangga (mebel)
  • Perancangan gambar bangunan dengan autocad beserta RAB

Teknik Mesin Perkakas

Kapasitas tiga kelas untuk 102 siswa, program keahlian ini mempersiapkan para siswa untuk terampil dalam pengerjaan logam baik secara manula maupun secara mekanik, tertama dalam bidang pekerjaan frais, bubut, gerinda, las, dan mesin CNC.

3.Teknik Mesin Otomotif

  • Mekanik mesin otomatif
  • Mekanik bodi dan chassis
  • Mekanik listrik otomotif
  • Mengemudi

PELATIHAN, JASA PRODUKSI DAN KONSULTASI

Bekerja sama dengan IGI Center PIKA Semarang, kami menawarkan paket-paket diklat dibidang teknik perkayuan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. Kelompok sasaran program diklat ini adalah pemuda putus sekolah (SMU/SMK), usaha kecil dan menengah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Instansi Pemerintah Daerah/BUMN.

Program diklat perkayuan yang ditawarkan meliputi :

  • Dasar-dasar kerja kayu dengan tangan (4 bulan)
  • Operator mesin kayu standar (4 bulan)
  • Perawatan dan penajaman alat 4 (bulan)
  • Finishing kayu (4 bulan)

SUMBER DAYA

Staf pengajar

SMK Pangudi Luhur Muntilan memiliki staf pengajar berkualitas dengan latar belakang pendidikan sarjana di bidangnya. 32 orang staf pengajar kami seluruhnya telah mengikuti berbagai macam program penddikan dan pelatihan ditingkat daerah maupun ditingkat nasional. 14 orang karyawan turut mendukung kegiatan belajar-mengajar di SMK Pangudi Luhur.

Program Beasiswa

SMK Pangudi Luhur menyediakan bea siswa bagi siswa yang kurang mampu namun berprestasi. Paguyuban IKASEMPEL (Ikatan Alumnus SMK PL ) turut membantu menyalurkan lulusan, bea siswa dan Prakerin.

FASILITAS

  1. Gedung kampus SMK Pangudi Luhur Muntilan terletak dikawasn strategis
  2. 14 ruang kelas dengan peralatan lengkap
  3. 2 ruang slot demo
  4. 4 bengkel kerja dilengkapi dengan mesin-mesin
  5. 2 ruang unit produksi
  6. Ruang finishing
  7. Laboratorium Komputer
  8. Perpustakaan
  9. Aula
  10. Laboratorium menggambar
  11. Lapangan olah raga (basket, bola voli, dan sepak bola)
  12. Kantin, dll.

MITRA KAMI

SMK Pangudi Luhur telah menjalin kemitraan dengan berbagai institusi bidang Prakerin, penyaluran lulusan, bea siswa, pengguna jasa maupun penguji eksternal konsultasi teknik, dan pelatihan. Institusi mitra antara lain :

ATMI Surakarta, PIKA Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, PT. Gramedia, YPTI Yogyakarta, PT. MBG Putra Mandiri Yogyakarta, CV. Handayani. PT. Ciptaning Magelang, PT. Gelora Jaya Surabaya, PT. Djarum Kudus, CV. Kartika jati, PT. New Armada, Realino Yogyakarta, PO. Ramayana, PO. Putra Remaja, PT. Dhea Wina Yogyakarta.

ALAMAT SEKOLAH

SMK Pangudi Luhur Muntilan, Jl. Kartini No. 2 Muntilan 56411

Telp. (0293) 587867 Email : smkplmtl@eudoramail.com


Kembali ke Beranda